Kamis, 06 September 2012

KPU Jabar Gelar Launching Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2013
05 September 20120
Penulis : Media Center KPU Prov. Jabar

pemukulan alat musik tradisional Sunda berupa kulanter (kendang berukuran kecil)
Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar)  menggelar Launching Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2013, di Gedung Pusdai Jabar Jl. Diponegoro Bandung, Rabu 5 September 2012. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan beserta para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar , seluruh unsur Muspida, utusan KPU RI, pengurus partai politik, ormas, kalangan akademisi dan para tokoh agama.
Launching Tahapan Pilgub 2013 tersebut ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Sunda berupa  kulanter (kendang berukuran kecil) oleh para pejabat Muspida, disaksikan pula oleh sekitar 800 orang yang terdiri dari pimpinan KPUD kabupaten/kota se-Jabar,  utusan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) serta tamu undangan lainnya.
Ketua panitia Launching Tahapan Pilgub 2013, Ferdiman, dalam laporannya menegaskan acara itu merupakan simbolitas bahwa KPU Jabar proses telah melakukan proses pilgub. Sebelum launching ini dilaksanakan, yaitu ketika masih dalam persiapan, pihaknya telah menetapkan penyelenggaraan Pemilu se-Jawa Barat sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan/desa, dan KPU Jabar telah mempersiapkan dan melantik  PPK/ PPS.
Selain itu, iapun memberitahukan tentang persiapan lain yang telah dilakukan KPU Jabar, yakni menetapkan Mars Pilgub Jabar 2013 dan Maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, seperti yang kemudian dinyanyikan oleh paduan suara dari Universitas Padjadjaran Bandung pada launching itu. Syairnya, bersifat ajakan agar seluruh komponen yang ada Jawa Barat bersama-sama menyukseskan Pilgub 2013, sementara notasinya bernuansa semangat dalam menyongsong penyelenggaraannya. 
Sedangkan Maskot Pilgub 2013, KPU Jabar memberi nama Kasep dan Geulis. Kasep, merupakan perwujudan agar Jawa Barat menjadi kawasan sehat Pemilu, sesuai dengan motto “dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Geulis, mengartikan sebuah gerakan untuk memilih secara sehat. Karenanya, ia mengajak segenap stakeholder agar menyikapi pelaksanaan pilgub secara sehat, sehingga Pilgub 2013 benar-benar berlangsung Luber (lancar, umum, bebas dan rahasia) dan Jurdil (jujur dan adil).
    Di bagian lain laporannya Ferdiman mengungkapkan alasan Launching digelar di Gedung Pusdai Jabar, mengingat selama ini gedung tersebut lebih dikenal sebagai tempat pernikahan yang biasanya dijiwai dengan perasaan penuh kekeluargaan,  akrab, gembira dan bahagia. Maka penentuan tempat di situ diharapkan menjadi dorongan menguatkan ikatan persaudaraan dalam penyelenggaraan Pilgub 2013.            
Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, dalam sambutannya menilai launching ini merupakan titimangsa bagi masyarakat Jawa Barat untuk menghadapi kehidupan masa depan yang lebih baik, dengan memilih pemimpin yang pemilihannya diselenggarakan oleh KPU Jabar. Dengan demikian, KPU Jabar beranggapan bahwa acara tersebut sebagai momentum untuk berpikir, bertindak, berbuat dan bertekad menyukseskan Pilgub 2013 demi kelanjutan bermasyarakat dan berpemerintahan.
Melalui kegiatan itu, menurutnya,  menandakan bahwa KPU Jabar benar-benar sudah memiliki persiapan untuk melaksanakan pilgub yang bersamaan dengan pemilihan bupati dan wakilnya (pilbup) di Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, Cirebon dan Kota Bandung. Ia menjamin Pilgub 2013 akan terselenggara dengan asas Luber dan Jurdil, berjalan sesuai peraturan dan perundang-undangan melalui koridor yang telah disepakati dan dipahami bersama.
“Untuk Pilgub 2013, kami sudah siap lahir batin. Kami beri garansi kepada masyarakat bahwa KPU Jabar akan melaksanakan pilgub dengan Luber dan Jurdil, dengan semangat kemandirian dan keadilan, “ janji Yayat seraya menjelaskan secara panjang lebar tentang berbagai persiapannya, antara lain masalah anggaran Pilgub 2013 yang  ternyata membutuhkan dana besar, yaitu Rp. 1triliun lebih. Namun penganggaran tidak dipersoalkannya, karena seluruh kebutuhan telah disetujui oleh  gubernur dan DPRD Jabar.
Lebih jauh ia mengungkapkan segala sesuatu yang telah dilakukan KPU Jabar, termasuk Launching Pilgub 2013, ditempuh melalui proses panjang dengan pembelajaran dari provinsi-provinsi lain, sehingga pada akhir Juli dan Agustus lalu telah menyiapkan dan melantik PPK dan PPS tanpa kesulitan. Padahal, jika dulu PPK dan PPS cukup bisa baca tulis, sekarang mereka harus tamatan SMA/SLTA.
“Hal yang kami anggap krusial di sini, di Jawa Barat, adalah jadwal penetapan calon yang mendahului penetapan DPT (daftar pemilih tetap-Red). Penetepan calon akan dilaksanakan pada tanggal 17 desember, sedangkan penetapan DPT dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2013. Oleh karenanya, pemutakhiran data dan daftar pemilih akan kami lakukan dengan bekerjasama dan berkomunikasi dengan instansi-instansi terkait. Ini tidak akan sulit, sebab saya tahu Pemerintah Propinsi Jawa Barat punya niat baik dan sudah menunjukkan kesungguhannya mendukung KPU. Pokoknya, di antara kita jangan ada rasa saling curiga, saling menuding satu sama lain,” ucap Yayat sembari bergurau.
Senada dengan Yayat, Anggota KPU RI Koordinator Wilayah Jawa Barat, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan KPU Jabar dalam melaksanakan pemilihan, baik pilgub, pilleg (pemilihan legislatif) maupun pilpres (pemilihan presiden), lebih ditentukan oleh peran aktif seluruh komponen kelembagaan pemerintah dan masyarakat, “Maka kesuksesannya merupakan tanggungjawab kita semua”.
Pada kesempatan tersebut, Ferry meminta dengan sangat agar seluruh stakeholder di Jabar memberikan dukungan penuh agar Pilgub 2013 berjalan dengan aman dan damai, demokratis, dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar sesuai harapan masyarakat. Amanat itu harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab oleh semua pihak, apalagi bagi Jabar yang di tingkat nasional dinilai sebagai provinsi termaju dalam demokrasi, dan masyarakatnya terbilang memiliki etika berdemokrasi.*** MD/KPUJBR

Sumber : Media Center KPU Prov. Jabar | File : | Dibaca : 133 x

Judul: ; Ditulis oleh PPK PUSPAHIANG; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nu Ngageugeuh

Nu Ngageugeuh
Anggota Bid. Data